Tahun 1980 banyak orang berbicara soal mutu dan selama tahun 1990-an banyak orang mulai bicara tentang re-engineering, sedangkan yang terbaru sekarang ini tahun 2000-an orang berbicara tentang kecepatan. Seberapa cepat sifat dasar bisnis berubah, seberapa cepat bisnis menjadi obyek transaksi dan seberapa cepat sebuah akses informasi akan mengubah gaya hidup konsumen.
Perubahan-perubahan kecepatan informasi ini dapat terjadi karena adanya aliran informasi digital. Sudah 30 tahun kita ada di zaman informasi yang bergerak dalam wujud kertas, bahkan sampai sekarang penyebaran informasi menggunakan kertas masih sangat mendominasi. Tetapi walaupun demikian era sekarang ini perkembangan teknologi digital juga berkembang dengan sangat pesat, sekarang orang yang tinggal di perkotaan pasti sudah mengenal era digital ini.
Teknologi digital dapat menerima segala informasi dari angka, suara, teks , dan audio. Dari segala informasi yag masuk ini dapat disimpan, diproses, dan dikirim oleh perangkat yang kita sebut komputer dengan sangat cepat. Maka dari itu teknologi digital ini pasti akan terus mempengaruhi pola pikir manusia, di mana tuntutan kecepatan informasi akan menjadi sangat dibutuhkan. Dalam dunia digital konektivitas punya makna yang lebih luas daripada sekedar memungkinkan 2 orang atau lebih saling berhubungan. Untuk memenuhi kebutuhan konektivitas jaringan ini maka diciptakanlah ruang universal baru dimana orang dapat saling berbagi informasi, berkolaborasi, dan untuk berinteraksi niaga, dll. Teknologi ini dapat kita sebut sebagai Internet.
Internet menyediakan sebuah medium baru yang menyediakan kesegaran dan spontanitas teknologi seperti televisi dan telepon, kemudian menggabungkan semuanya dengan kedalaman dan keluasan jangkauan yang merupakan sifat dasar komunikasi lewat kertas. Kalau kita menggabungkan beberapa hal diatas dari kecepatan, dunia digital, dan Internet maka dapat disimpulkan sekarang ini dunia sedang membutuhkan suatu yang serba instan termasuk di dalamnya adalah informasi digital.
Agar informasi dapat menjadi hal yang paling mendasar dalam perusahaan Anda, berikut ini adalah 12 langkah kunci yang diperlukan :
Untuk Knowledge Work :
•Usahakan agar komunikasi mengalir ke seluruh organisasi lewat email sehingga Anda dapat menanggapi suatu kabar dengan kecepatan refleks.
•Pelajari data penjualan online untuk menemukan pola dan berbagi wawasan dengan mudah. Pahami trend keseluruhan dan personalkan jasa untuk tiap pelanggan.
•Gunakan PC untuk analisis bisnis, pindahkan para pekerja berpengetahuan ke pekerjaan dengan tingkat berpikir lebih tinggi tentang produk, jasa, dan profitabilitas.
•Gunakan piranti digital untuk menciptakan tim virtual lintas departemen yang dapat saling berbagi pengetahuan dan saling membangun gagasan dalam waktu nyata (real time) dengan cakupan mendunia. Gunakan sistem–sistem digital untuk mencatat sejarah perusahaan yang dapat digunakan oleh siapapun.
•Ubahlah setiap proses yang menggunakan kertas ke proses digital agar kemacetan administratif dapat dihilangkan dan para pekerja berpengetahuan dapat mengerjakan tugas-tugas yang lebih penting.
Untuk Operasi Bisnis :
•Gunakan piranti digital untuk menghilangkan jabatan-jabatan bertuas tunggal atau mengubah jabatan-jabatan itu menjadi jabatan-jabatan bernilai tambah yang menggunakan ketrampilan-ketrampilan seorang pekerja berpengetahuan.
•Ciptakan suatu feedback loop digital untuk meningkatkan efisiensi proses-proses fisik dan meningkatkan kualitas produk serta jasa yang dihasilkan.
•Gunakan sistem digital untuk menyampaikan keluhan-keluhan pelanggan dengan segera kepada orang yang dapat memperbaiki kualitas produk atau jasa.
•Gunakan komunikasi digital untuk mendefinisikan kembali sifat bisnis anda serta batas-batas diseputar bisnis anda. Diperlebar supaya lebih luas atau dikecilkan agar lebih intim, yang penting sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Untuk Komersial :
•Pertukaran informasi dengan waktu. Kurangi waktu daur melalui penggunaan transaksi-transaksi digital dengan semua pemasok dan rekanan, kemudian ubah setiap proses bisnis dengan sasaran just-in-time delivery.
•Gunakan pengantaran produk atau jasa secara digital untuk menghilangkan perantara dalam transaksi dengan pelanggan. Jika Anda seorang perantara, gunakan piranti digital sebagai nilai tambah dalam transaksi.
•Gunakan piranti digital untuk membantu pelanggan memecahkan masalah mereka sendiri, dan pelihara kontak pribadi untuk menanggapi kebutuhan pelanggan yang lebih kompleks dan high value.
Perusahaan-perusahaan sukses sekarang ini adalah perusahaan yang menggunakan piranti digital untuk terus menemukan cara kerja yang lebih baik. Perusahaan-perusahaan ini akan membuat keputusan lebih cepat, lebih efisien, dan langsung berhubungan dengan para pelanggan secara positif. Saya berharap kita semua ikut bergairah menyambut kemungkinan-kemungkinan terjadinya perubahan yang positif dalam sepuluh tahun mendatang. Saya yakin gaya hidup digital akan membawa Anda ke barisan depan suatu gelombang perubahan yang maha dasyat yang akan mengguncang cara bisnis gaya lama. Sistem saraf digital akan membuat Anda berbisnis dengan kecepatan pikiran - sebagai kunci sukses masa-masa medatang.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar