Powered By Blogger

Sabtu, 19 Februari 2011

CMOS VS CCD

CMOS

Complementary metal–oxide–semiconductor (CMOS) atau semikonduktor–oksida–logam komplementer, adalah sebuah jenis utama dari rangkaian terintegrasi. Teknologi CMOS digunakan di mikroprosesor, pengontrol mikro, RAM statis, dan sirkuit logika digital lainnya. Teknologi CMOS juga digunakan dalam banyak sirkuit analog, seperti sensor gambar, pengubah data, dan trimancar terintegrasi untuk berbagai jenis komunikasi. Frank Wanlass berhasil mematenkan CMOS pada tahun 1967 (US Patent 3,356,858).

CMOS juga sering disebut complementary-symmetry metal–oxide–semiconductor or COSMOS (semikonduktor–logam–oksida komplementer-simetris). Kata komplementer-simetris merujuk pada kenyataan bahwa biasanya desain digital berbasis CMOS menggunakan pasangan komplementer dan simetris dari MOSFET semikonduktor tipe-p dan semikonduktor tipe-n untuk fungsi logika.
Dua karakter penting dari CMOS adalah kekebalan desahnya yang tinggi dan penggunaan daya statis yang rendah. Daya hanya diambil saat transistor dalam CMOS berpindah di antara kondisi hidup dan mati. Akibatnya, peranti CMOS tidak menimbulkan bahang sebanyak sirkuit logika lainnya, seperti logika transistor-transistor (TTL) atau logika NMOS, yang hanya menggunakan peranti tipe-n tanpa tipe-p. CMOS juga memungkinkan chip logika dengan kepadatan tinggi dibuat.

Kalimat "metal–oxide–semiconductor" atau semikonduktor–logam–oksida adalah sebuah sebutan pada struktur fisik beberapa transistor efek medan, memiliki gerbang elektroda logam yang terletak diatas isolator oksida logam, yang juga berada diatas bahan semikonduktor. Aluminium digunakan pertama kali, tetapi sekarang digunakan bahan polisilikon. Gerbang logam lain dibuat seiring kedatangan material dielektrik permitivitas tinggi didalam proses pembuatan CMOS, seperti yang diumumkan oleh IBM dan Intel untuk node 45 nanometer dan lebih kecil.

CCD

PENGERTIAN CCD :

CHARGE COUPLED DEVICE
Disingkat dengan CCD. Suatu alat pencitraan untuk menkonversikan cahaya menjadi arus elektrik yang proporsional (analog). Sebuah CCD memiliki lapisan-lapisan filter yang membagi spektrum warna menjadi warna merah, hijau, biru agar bisa diproses secara digital oleh kamera. Ada dua macam jenis CCD, yaitu rangkaian linier yang digunakan dalam scanner datar, alat pengcopy digital dan Scanner Graphic Arts; serta rangkaian datar yang dipakai dalam comcorders, kamera video tidak bergerak, kamera-kamera digital dan high performance.

FUNGSI CCD :
Fungsi CCD yang menerima cahaya yang telah difokuskan lensa CCD akan dirancang/dibuat dengan bahan yang tahan panas. CCD juga didedikasikan untuk fungsi tertentu, seperti infra merah, hitam Putih atau warna..

Sensor CCD (charge-coupled device) berfungsi yaitu mengubah cahaya menjadi elektron. Untuk mengetahui cara sensor bekerja kita harus mengetahui prinsip kerja sel surya. Anggap saja sensor yang digunakan di kamera digital seperti memiliki ribuan bahkan jutaan sel surya yang kecil dalam bentuk matrik dua dimensi. Masing-masing sell akan mentransform cahaya dari sebagian kecil gambar yang ditangkap menjadi electron.


PERBEDAAN CCD DAN CMOS

Camera cctv sensor CCD (charge-coupled device) dan CMOS (complimentary metal-oxide semiconductor) berfungsi sama yaitu mengubah cahaya menjadi elektron atau partikel gambar. Untuk mengetahui cara sensor bekerja kita harus mengetahui prinsip kerja sel surya. Anggap saja sensor yang digunakan di kamera digital seperti memiliki ribuan bahkan jutaan sel surya yang kecil dalam bentuk matrik dua dimensi. Masing-masing sell akan mentransform cahaya dari sebagian kecil gambar yang ditangkap menjadi elektron. Kedua sensor tersebut melakukan pekerjaan tersebut dengan berbagai macam teknologi yang ada. jadi saran kami, apapun merk dan brandnya kamera tersebut, usahakan jenis ccd.

Masing-masing sell akan mentransform cahaya dari sebagian kecil gambar yang ditangkap menjadi elektron gambar. Kedua sensor tersebut melakukan pekerjaan tersebut dengan berbagai macam teknologi yang ada. Langkah berikut adalah membaca nilai dari setiap sel di dalam gambar. Dalam kamera CCD, nilai tersebut dikirimkan ke dalam sebuah chip dan sebuah konverter analog ke digital mengubah setiap nilai piksel analog menjadi nilai digital.

•Sensor CCD, seperti yang disebutkan di atas, kualitasnya tinggi, gambarnya low-noise. Sensor CMOS lebih besar kemungkinan untuk noise.
•Sensitivitas CMOS lebih rendah dibanding sensor CCD. Banyak perbedaan pada bagian jumlah transistor .
•Sensor CMOS menggunakan sumber daya listrik yang lebih kecil.
•Sensor CCD menggunakan listrik yang lebih besar, perbandingannya 100 kali lebih besar dari CMOS.
•Chip CMOS dibuat dengan cara yang umum sehingga lebih murah dibandingkan sensor CCD.
•Sensor CCD telah diproduksi masal dan ditargetkan untuk pemakain dalam jangka waktu lama sehingga lebih produktif dan kualitasnya lebih tinggi serta lebih baik hasilnya.
Berdasarkan perbedaan tersebut, Anda dapat lihat bahwa sensor CCD lebih banyak digunakan di kamera yang fokus pada gambar yang high-quality dengan piksel yang besar dan sensitivitas cahaya yang baik. Sensor CMOS lebih ke kualitas dibawahnya, resolusi dan sensitivitas cahaya yang lebih rendah. Akan tetapi pada saat ini sensor CMOS telah berkembang hampir menyamai kemampuan sensor CCD.


FITUR DAN PERBANDINGAN KINERJA

UPDATE CMOS DAN CCD

Bulan ini adalah bulan yang menarik untuk baru kamera kompak digital Nikon, Ricoh, Sony dan Canon semua meluncurkan kamera digital baru kompak sekitar waktu yang sama. Canon mengumumkan 6 kamera baru PowerShot dalam satu pengumuman kemarin. Baik Nikons dan Kanon menggunakan jenis yang sama sensor cahaya-pengumpulan sejak kamera saku dimulai, dikenal sebagai CCD untuk biaya-perangkat digabungkan. CCD dan CMOS (semikonduktor metal oksida pelengkap) sensor gambar adalah dua teknologi yang berbeda dan masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan yang unik memberikan keuntungan dalam aplikasi yang berbeda. Untuk rincian lebih lanjut tentang arsitektur perangkat dan pengoperasian, lihat kami asli "CCD vs CMOS: Fakta dan Fiksi" artikel dan update, "CMOS vs CCD:. Jatuh tempo Technologies, jatuh tempo Pasar"

Awal bulan ini, mengumumkan Sony Cyber-shot DSC-WX1 dan compacts digital DSC-TX1, pertama di dunia untuk menggunakan back-illuminated CMOS sensor. Sensor CMOS umumnya digunakan dalam kamera DSLR untuk menangkap gambar yang tajam dalam cahaya rendah. Sensor ini Sony baru 'Exmor R' menawarkan kinerja rendah ringan dengan kira-kira dua kali lipat sensitivitas teknologi CMOS tradisional. Hal ini juga memungkinkan fitur-fitur canggih seperti kontrol white-balance bernuansa untuk berbagai nuansa lampu neon. "Hand-held senja mode" dan "Anti-motion/blur" mode menembak ledakan gambar dan menggabungkan mereka menjadi satu dengan bagian terbaik dari setiap frame. Penawaran Sony: "Dengan ini baru" R Exmor "CMOS sensor kamera, Sony telah sangat meningkatkan pengalaman pelanggan untuk mengambil gambar dengan kamera digital masih dalam skenario cahaya rendah, kita semua mengambil gambar di daerah remang-remang, di mana hasilnya kasar dan tidak jelas. Dengan mendesain ulang cara menangkap cahaya kamera ini, Sony adalah pimpinan dalam industrinya dengan menciptakan cara yang mudah untuk mengambil luar biasa jelas, foto hidup dalam skenario pencahayaan rendah. "

Kedua kamera Sony menggunakan sensor 10-megapixel yang akan mengungguli model CCD dengan jumlah pixel yang lebih tinggi, membantu berbaring untuk beristirahat gagasan pemasaran-driven yang lebih banyak piksel lebih baik - yaitu piksel kualitas yang lebih baik sebenarnya lebih baik daripada jumlah yang lebih tinggi pixel. Menariknya, Canon PowerShot G11 baru, pengganti yang kompak PowerShot G10 andalannya dirilis tahun lalu, menggantikan tinggi G10 Teman-pixel-hitungan 14,7 Megapixels sensor dengan apa yang disebutnya sebagai sensitivitas yang tinggi rendahnya-hitungan pixel-10 Megapixels CCD. Ini menegaskan arah umum untuk pembuat kamera yang piksel kualitas yang lebih baik sebenarnya lebih baik daripada jumlah yang lebih tinggi pixel. Canon mengklaim bahwa Dual yang Anti-Noise Sistem ketika menggabungkan sensitivitas yang tinggi 10,0 Megapixel sensor gambar dengan ditingkatkan Canon 4 teknologi pengolahan gambar DIGIC untuk lebih mengurangi kebisingan dan meningkatkan kualitas setara dengan 2 - berhenti.

Ricoh juga hari ini mengumumkan kamera kompak CX2 menampilkan 10.7x perbesaran tinggi (28-300mm) wide-angle optical zoom lensa di tubuh yang kompak hanya 29.4mm tebal. mewarisi CX2 Fitur populer dari pendahulunya, seperti kualitas gambar yang tinggi dan jangkauan dinamis diperluas dimungkinkan oleh mesin pengolahan gambar, dan gambar CMOS tinggi kecepatan pemrosesan sensor. Ricoh mengklaim bahwa gambar CMOS tinggi kecepatan pemrosesan sensor bersama-sama dengan mesin pengolah gambar Smooth Imaging Engine IV bisa menembak gambar berkualitas tinggi dengan resolusi tinggi dan noise yang rendah.


REVERENSI :
http://www.dslrphoto.com/dslr/camera-makers-are-moving-to-better-ccd-cmos-sensors-away-from-pixels-count,7072.html
http://en.wikipedia.org/wiki/CMOS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar